Pantai Puak Marina Dumai: My Trip

My another trip with the kids 

-edisi: saung Raja Ali Haji & Tuanku Tambusai-
Alhamdulillaah.... sudah selesai outing! Ini outing ke kedua sekaligus terakhir dalam tema Pariwisata semester 1 SD 3. 
Sudah berlalu berarti sudah...lah. Dalam persiapan yang "tagageh" menjelang review. Rupanya sempat outing, rupanya sempat cooking class. Rupanya! 
alhamdulillah 'ala kulli haal.
Iya sedang review ni.

Dimana kah pantai di Dumai tu ? Ade ke?
Rupanya ada ma... Baru tau sekarang juga, setelah lama menjadi penduduk Duri. Tapi ini pantai reklamasi la... Jadi didatangkan pasir dari tempat lain, ditimbunkan ke tepi laut situ. Menurut sumber pegawai kecamatan setempat yang kami sambangi pas sedang mancing di ....... Apa itu namanya jembatan ke tengah laut, tempat orang mancing.

Kalau kita ingat di peta waktu SD kan pesisir Dumai itu kan rawa ya... Yang garis garis strip rumput wana biru itu... Iya itu :)

Dari rute jelajah ke Pantai Marina saat survey, ada dua jalan masuk. Yang 1, jalan masuknya sudah bagus, ada plang namanya, cantik la.. namanya Pantai Puak bla bla bla.. lupa saya. Kalau kita masuk dari situ, di dalam sudah ada gazeebo gazeebo kecil atap rumbia, ada toilet kecil, mushala kecil, tempat duduk-duduk di tepi laut. Jadi tidak ada pasir pantainya, ndak bisa main ombak.

Karena tidak bisa main pasir dan menyapa ombak di situ, kami tanya ke petugas di sana. Dimana tempat masuk ke pantai yang ada pasirnya.

Kami menempuh jalan masuk ke dua. Kembali ke jalan aspal. Dan berjalan lebih ke timur? Ke kiri pokoknya.
Mungkin sekilo jaraknya dari jalan masuk pertama. Tandanya ada plang UGD puskesmas besar warna hijau. 

Segini dulu ya... Ini penampakan pantainya saat air mulai surut pukul 11an.

Bersambung, insyaallah yo

Am back! Review telah berlalu, . .
Bagaimana menurutmu penampakan pantai di atas?
Pas sudah sesurut ini, tak ada lagi ombak jebur-jebur, riak kecil bersusun susul menyusul saja... Kenapa bisa begitu ya?

Jam surutnya ndak seragam saat survey dengan saat outing. Waktu datang outing, sampai sekitar pukul 9.30an...sepertinya pengaruh posisi bulan, ada yang paham? Anak pantai mana anak pantai? So far, that's my conclusion.
 Itu sempat jadi agak pesimis,.. bisa main pasir ndak ya..... Pasalnya air lautnya sampai ke pinggir tebing selutut orang dewasa. Pasirnya tertutup air semua sodara... Nah pas ini ombak nya ada... Sambil icebreaking, kita lihat air  nya mulai surut, agak lega.... ini juga debur ombaknya masih ada....
Air terus surut menyibak pasir oren, sampai surut sekitar 10 m itu masih berombak, lalu terus surut..... Sampai menyibak jalan pasir dan menyisakan kolam kecil diantara jalan pasir dengan pasir dengan pasir yang paling dekat dengan tebing, nah lo bingung?
Here is it......
See? Air yang disebelah kiri itu yang saya maksud kolam kecil, terhubung si ke laut, ndak betul-betul kolam juga. Aneh ya... Hamparan pasir penuh jejak kaki ini yang saya maksud jalan pasir.. yang tersibak setelah air surut sekitar 30m. Eh ini taksiran saja ya panjangnya sekian m .. :)
Banyak ya jejak kaki nya, cikgu ngan budak budak punye keje tu...


Comments

Popular posts from this blog

Masjid Jami' Baiturrahim Sabo: My Trip

Citilink - antara Jogja dan Duri: My Trip